Contoh dan Cara Membuat Konten YouTube Menarik untuk Pemula - Ternyata Sangat Mudah!

Contoh dan Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik untuk Pemula

Contoh dan cara membuat konten youtube yang menarik untuk pemula. Setelah ini kamu harus segera mahir dan kebanjiran penonton.

Contoh dan Cara Membuat Konten YouTube Yang Menarik Untuk Pemula – YouTube ternyata benar bisa melahirkan profesi baru yaitu YouTuber atau kreator di YouTube.



Oleh karena itu telah membantu banyak orang untuk dapat menghasilkan pendapatan, popularitas, dan keuntungan yang sangat banyak lainnya. Upaya yang umumnya dilakukan orang untuk mendapatkan keuntungan tersebut adalah dengan membuat konten yang menarik, sebelum masuk ke contoh konten youtube yang menarik izinkan saya berbagi sedikit tips untuk membuatnya.

Cara Membuat Konten YouTube yang Menarik.

Sebenarnya hampir semua konten bisa menarik, itu semua tergantung bagaimana kita mengemasnya, membuatnya lebih menarik, dan membuat banyak orang penasaran. Caranya cukup mudah, tanpa basa-basi lagi langsung saja kita ke langkah-langkahnya.

1. Kenali Audiens

Yang pertama perlu Anda ketahui terlebih dahulu audiens atau audiens Anda. Jika channel Anda memiliki niche atau topik otomotif, maka otomatis subscriber Anda adalah yang menyukai hal-hal otomotif. Oleh karena itu, jangan pernah membuat konten di luar otomotif, karena pelanggan Anda tidak akan pernah menontonnya. Jika Anda beralih topik, ini juga memungkinkan saluran Anda kehilangan pelanggan.

2. Buat Konten yang Informatif atau Berguna

Setelah Anda mengetahui siapa audiensnya, berikan mereka konten yang informatif atau sesuatu yang bermanfaat. Apapun itu, entah itu ilmu pengetahuan, tips rahasia, atau video yang menghibur. Yang terpenting konten tetap sesuai dengan audiens Anda, jangan membuat konten yang sebenarnya tidak ingin mereka tonton.

3. Judul dan Thumbnail Yang Menimbulkan Rasa Penasaran

Berikutnya adalah judul dan thumbnail, ini adalah salah satu bagian yang sangat penting, jangan sembarangan menggunakan judul dan thumbnail default. Judul dan gambar mini adalah hal pertama yang dilihat penonton (kesan pertama). Jika keduanya tidak menarik, jangan harap mereka akan menonton video Anda. Untuk judul, mungkin Anda bisa melakukan riset kata kunci agar tepat sasaran sesuai dengan keinginan audiens Anda. Setelah itu baru buat thumbnail, buat splash, atau juga uniknya, yang terpenting bikin orang tertarik, tidak default, dan tidak curang (click bait).

4. Gunakan Hashtag

Terakhir adalah dengan memberikan hastag atau hastag di deskripsi video, maksudnya agar video Anda lebih jelas dan muncul di hasil pencarian hastag atau hastag yang Anda tulis. Tidak perlu banyak, karena ini bisa membuat video Anda dianggap spam. Gunakan tag atau hastag yang cukup, yang terpenting relevan dengan video yang dibuat.



Contoh Konten YouTube yang Menarik

Setelah mengetahui cara membuatnya, sekarang kita masuk ke bagian contoh konten youtube yang menarik. Seperti yang saya katakan di awal, sebenarnya hampir semua konten bisa menarik, tergantung bagaimana kita mengemasnya. Tapi setidaknya mungkin Anda setuju jika jenis konten berikut ini bisa dibilang sebagai konten yang menarik.

1. Informasi/Berita Terbaru

Terkadang saat membuka media sosial, browser, dan beberapa aplikasi lain di ponsel kita sering kali secara tidak sengaja menemukan sebuah berita. Padahal awalnya kami tidak ada niat untuk mencari beritanya, karena judul dan thumbnail yang sangat menarik, seringkali membuat kami penasaran yang akhirnya berujung pada mengklik/membuka berita tersebut. Begitulah kekuatan informasi serta berita terbaru, mereka akan selalu menarik bagi siapa saja dan kapan saja, meskipun orang tidak mencarinya terlebih dahulu.

2. Reaksi

Berikutnya adalah reaksi, ini adalah salah satu jenis konten yang akhir-akhir ini populer. Saat ini hanya beberapa YouTuber terkenal yang konsisten dengan reaksi. Yang mereka lakukan hanyalah bereaksi terhadap video, foto, komentar, posting, dll dengan cara yang lebih dari biasanya.

3. Teknologi

Siapa yang tidak ingin tahu tentang perkembangan teknologi? Pasti banyak yang mau ya. Oleh karena itu, konten yang berkaitan dengan teknologi kerap menjadi trending dan menjadi perbincangan banyak orang. Misalnya review smartphone, tutorial penggunaan aplikasi tertentu, hingga trik rahasia dalam penggunaan teknologi.

4. Politik pemerintah

Kita semua bersyukur jika rasa ingin tahu masyarakat tentang negara bisa lebih tinggi, ini juga berarti kita semua peduli dengan negara kita. Memang sedikit mirip dengan konten informasi atau berita terkini, tapi biasanya tentang sesuatu yang lebih mendesak seperti upaya pemerintah dalam menghadapi pandemi, pemilu, dan dinamika demokrasi. Hal semacam itu selalu menarik untuk diketahui.

5. Tantangan

Tantangan atau tantangan juga menyita perhatian banyak orang, apa lagi jika tantangan tersebut adalah hal yang tidak biasa atau tidak biasa dilakukan orang. Saya yakin Anda akan atau akan pernah menemukan konten tantangan di beranda, pasti sangat menarik, apa lagi jika tantangan itu belum pernah Anda coba.

6. Kompilasi

Selanjutnya adalah kompilasi atau kumpulan, jadi ini adalah salah satu jenis konten yang menggabungkan beberapa konten secara singkat atau langsung pada intinya. Misalnya kompilasi lagu pop terbaru tahun ini, atau juga kompilasi video lucu yang sudah dipotong durasinya. Kompilasi yang sering saya temui saat ini adalah kompilasi video tiktok dengan berbagai macam niche.

7. Hidup H4ck

Ini adalah salah satu jenis konten yang paling sering tren, yaitu life h4ck. Bagaimana tidak menjadi trend jika konten yang dibagikan adalah konten yang selalu bermanfaat dan informatif? Dengan banyaknya hal baru tentang kemudahan atau langkah praktis untuk melakukan sesuatu yang dibagikan dalam konten ini, konten ini sangat dapat membantu banyak orang untuk hidup lebih sederhana.

8. Keuangan

Siapa yang tidak ingin tahu cara mendapatkan uang, cara mengelola uang dengan baik, dan cara membangun bisnis yang sukses? Banyak dari kita ingin mengetahui hal-hal ini, karena kita selalu membutuhkannya. Sampai saat ini konten tentang trik mendapatkan diskon/gratis, cara menghemat pengeluaran, hingga cara membuka usaha masih banyak ditonton.

9. Video Lucu

Tidak mungkin jika Anda tidak menyukai hal-hal yang lucu, Anda akan menyukainya meskipun berbeda. Konten lucu di YouTube sangat beragam, mulai dari stand up comedy hingga parodi. Konten lucu tidak pernah mati, seolah-olah penciptanya selalu ada dan penonton tidak pernah pergi, karena terkadang hal-hal yang tidak disengaja dalam hidup ini bisa menjadi lucu.

10. Ulasan

Review atau review kini menjadi salah satu jenis konten yang cukup menarik juga di YouTube, karena saat ini mencari tahu lebih banyak tentang sesuatu yang akan kita beli, kunjungi, atau gunakan sudah menjadi kebiasaan. Melainkan untuk meyakinkan kita tentang sesuatu yang kita inginkan dengan mendengarkan pendapat orang lain tentang hal itu.

11. Lelucon

Prank terakhir, ini adalah upaya untuk membuat target (seseorang) merasa gelisah, kaget, atau terkejut atas sesuatu yang sengaja dibuat dalam bentuk hiburan atau lelucon. Konten prank mulai populer di youtube, hal ini akan sangat menarik jika target atau orang yang akan di rangking bukanlah orang biasa.

Menutupi

Itulah Contoh dan Cara Membuat Konten YouTube Yang Menarik Untuk Pemula. Cari konten menarik itu mudah, setelah berusaha jangan lupa berikan pendapatmu di kolom komentar!

Gambar-dari: Pixabay.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama