7 Tips Beli Mobil Bekas Berkualitas Dengan Harga Murah Agar Tidak Tertipu

Bagi yang memiliki uang terbatas, mungkin membeli mobil bekas menjadi pilihan ketimbang mobil baru yang harganya lebih mahal. Namun apakah benar membeli mobil bekas dengan kondisi seperti sekarang ini?

Perlu dipahami, meski bisa menghemat pengeluaran, ada sejumlah tantangan saat membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas harus penuh kehati-hatian. Terburu-buru untuk membeli dapat mengakibatkan kerugian finansial di masa depan.


yang terpenting harga jual mobil bekas tentunya lebih murah dan anda tidak perlu khawatir dengan harga pajak yang begitu tinggi.

Karena setiap tahun ada kemungkinan pajak tahunan bisa dikurangi tergantung berapa pajak yang dimiliki kendaraan baru tersebut.

Apalagi bagi Anda yang tidak memiliki banyak uang untuk ditabung, mungkin membeli mobil bekas menjadi pilihan daripada harus membeli mobil baru dengan harga yang lebih mahal. Namun apakah benar ingin membeli mobil bekas dengan kondisi seperti sekarang ini?

Perlu diingat, meski bisa menghemat pengeluaran, ada sejumlah tantangan saat membeli mobil bekas. Tentu saja, membeli mobil bekas harus penuh kehati-hatian.

Terburu-buru untuk membeli dapat mengakibatkan kerugian di masa depan. Apalagi bagi Anda yang masih belum paham tentang memilih mobil bekas untuk pemula atau cara mengecek mesin mobil bekas itu sendiri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil bekas. Tujuannya bukan untuk menjaga keuangan tetap aman. Tipskumparan.com berikut ini akan memberi tahu Anda hal-hal yang harus diperhatikan saat memutuskan membeli mobil bekas paling aman.

1. Sesuaikan dengan Budget yang Anda Miliki


tips beli mobil bekas hemat
Sebelum memilih mobil bekas yang ingin Anda beli, tips membeli mobil bekas baik matic maupun manual yang pertama adalah mengetahui berapa harga mobil yang ingin Anda beli. Jadi Anda bisa merencanakan skema pembayaran dari awal dan tidak akan mengganggu keuangan Anda di kemudian hari. Ada dua cara untuk melakukannya, antara lain:

Kredit Mobil Bekas
Tips membeli mobil bekas secara online atau offline dengan kredit yang harus Anda perhatikan adalah berapa besar bunga yang dikenakan. Umumnya, membeli mobil bekas cenderung memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi hingga 6% dibandingkan dengan mobil baru yang biasanya hanya 3%.

Untuk itu, ada baiknya Anda membayar uang muka yang besar atau memilih jangka waktu cicilan yang cukup lama. Namun biaya tersebut akan ditutup dengan biaya pajak yang cenderung stabil setiap tahunnya bahkan bisa turun tergantung tahun mobil tersebut diproduksi.

Ada dua cara untuk mengukur kemampuan membeli mobil. Pertama, pastikan dana darurat tidak digunakan untuk membeli mobil bekas, dan kedua pastikan saat membelinya secara tunai, aset lancarnya masih di kisaran 15 persen hingga 20 persen dari kekayaan bersih.

Dana darurat di sini adalah simpanan tunai yang hanya dapat digunakan dalam keadaan darurat, seperti pada saat terjadi pemutusan hubungan kerja atau anggota keluarga mengalami kecelakaan atau sakit parah.

Perhatikan juga cicilan bulanannya. Pastikan juga cicilan bulanan tidak melebihi 35 persen dari pendapatan bulanan, dan total tunggakan utang tidak melebihi 50 persen dari total nilai aset.

Lebih dari Kredit Mobil
Kredit berlebih untuk mobil bekas dapat dilakukan dengan catatan tidak melakukan transaksi tanpa perpanjangan lembaga keuangan. Umumnya ke depan jika pelaksanaannya tidak dilakukan tanpa sepengetahuan pihak yang berwenang, kesulitan yang ditemukan adalah pada saat pengolahan dokumen yang rentan akan mengalami kendala.

Over kredit di bawah tangan memang terlihat lebih cepat, namun masih lemah dari segi hukum. Perbuatan ini sebenarnya merupakan perbuatan yang dilarang oleh undang-undang. Hukum kredit mobil terikat dengan perjanjian jaminan Fidusia dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia (UU Fidusia).

Dalam Pasal 23 ayat (2) UU Fidusia disebutkan bahwa Pemberi Fidusia dilarang mengalihkan, menggadaikan, atau menyewakan kepada pihak lain benda yang menjadi obyek Jaminan Fidusia yang bukan merupakan barang inventaris, kecuali dengan persetujuan tertulis terlebih dahulu. persetujuan dari Penerima Fidusia.

2. Lakukan Survey Langsung Sebelum Membeli


Tips yang paling penting untuk membeli mobil bekas secara online adalah dengan melakukan survei situs. Survey tempat bisa dilakukan ke dealer offline. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mendapatkan mobil bekas yang berkualitas. Di sisi lain, jika Anda hanya memeriksa ketersediaan melalui situs web atau online, kemungkinan besar akan terjadi penipuan kondisi mobil. Untuk itu ada baiknya cek secara online atau offline untuk memverifikasi ketersediaan mobil yang ada.

3. Teliti siapa penjualnya sebelum transaksi


Pembeli mobil bekas biasanya tidak sabaran dan cenderung terburu-buru mencari mobil yang diincar, padahal lebih baik mencarinya dengan sabar dan cermat.

Hal ini agar pembeli mendapatkan mobil bekas yang sehat dan prima. Tidak hanya itu, pembeli juga harus memeriksa identitas penjual sebelum melakukan transaksi. Sebab, ada kemungkinan terjadinya penipuan, baik uangnya dirampas atau kejahatan lainnya.

Jika memang Anda merasa cocok dengan mobil yang Anda incar, ada baiknya Anda menjalin hubungan dengan pihak penjual untuk memverifikasi informasi mobil yang Anda cari.

Sebab, ada beberapa mobil yang dijual dengan cara menitipkannya di dealer. Oleh karena itu, coba cek dan cek kembali mengapa mobil ini dijual, mengapa mobil tersebut dijual dengan cara titipan.

Banyak juga yang langsung bernegosiasi dengan penjual. Namun ada baiknya Anda melihat terlebih dahulu mobil yang Anda cari, kemudian melakukan penawaran.

4. Tips Beli Mobil Bekas, Cek Kondisi Eksterior Mobil


Tak hanya penjual, hal yang perlu mendapat pemeriksaan lebih lanjut adalah pada bodi dan eksterior mobil. Anda perlu memperhatikan setiap komponen bodi mobil, apakah masih terlihat dan dapat berfungsi dengan baik.

Jangan lupa, perhatikan juga jika ada bekas perbaikan atau kualitas cat yang tidak rata. Pastikan semua komponen bodi masih dalam kondisi utuh. Detail lain yang biasanya terlewatkan adalah memeriksa celah bodi dan kondisi ruang mesin serta kolong mobil.

Berikut beberapa detail komponen yang wajib Anda cek sebelum membeli mobil bekas incaran Anda:

Badan mobil
Pastikan mobil tidak mengalami modifikasi berlebihan pada struktur, warna atau mesin di dalamnya. Hindari juga memilih mobil yang sudah dimodifikasi jika memang Anda tertarik menggunakannya untuk mobilitas Anda.

Ada baiknya untuk memeriksa komponen yang baru saja diperbaiki, karena bisa jadi merupakan tanda tabrakan atau indikasi kecelakaan.

Mesin mobil

Buka kap mesin dan coba perhatikan jika mesin tidak terawat biasanya sisa-sisa debu akan terlihat.

Kemudian, engkol mesin 5-10 menit dan buka kap mesin untuk mendengar apakah suara mesin halus atau tersendat. Jika macet, maka ada kemungkinan mesin mobil tidak berfungsi dengan baik. Anda juga bisa melihatnya dengan mengecek warna asap mobil yang dikeluarkan.

5. Periksa kelengkapan dokumen


Setelah memeriksa kondisi mobil dan Anda merasa cocok, sebelum melakukan pembayaran, periksa kelengkapan dokumen kendaraan. Jika mobil yang ingin Anda beli adalah mobil built-up, mintalah mobil tersebut di Formulir A.

Sesuaikan juga dengan nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan hurufnya.

Anda harus memastikan bahwa mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya.

6. Bawa teman atau mekanik


Ada baiknya Anda membawa teman atau mekanik yang paham dan berpengalaman dalam pengecekan mobil bekas. Bahkan jika Anda tahu banyak tentang mobil, bantuan dalam memeriksa akan mengurangi kemungkinan kerusakan yang terlewatkan.

Jika Anda tidak memiliki kenalan yang bisa membantu, gunakan jasa inspeksi mobil bekas yang menyediakan mekanik handal dan berpengalaman dalam memeriksa mobil bekas. Dengan bantuan profesional, tentunya Anda akan merasa lebih percaya diri dalam membeli mobil pilihan Anda.

7. Uji coba


Jika sudah mengetahui mobil yang diinginkan, coba minta test drive. Ini adalah cara paling tepat untuk menilai apakah mobil masih layak dan kondisinya benar-benar terbaik.

Anda harus berhati-hati saat berkendara, mulai dari memasuki ruang kemudi, duduk di kursi penumpang, posisi mengemudi, kondisi kursi, bagaimana jarak pandang di belakang kemudi, apakah ada bau yang tidak sedap, apakah ada suara mencicit, cek mesin, kondisi AC, dan banyak lagi.

Cek juga, apakah mobil ini sudah teridentifikasi di bengkel resmi untuk perawatan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama